Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Bios Laptop Samsung

USB Tidak Terdeteksi di BIOS - Makara ceritanya kemarin siang itu kita dimintai tolong oleh Bapak untuk instal ulang Windows di laptop Samsung 370R yang sudah lemot. Seperti biasa, kita mulai membuat bootable dengan Rufus.

Yah, daripada mesti beli dan burning .iso ke CD/DVD dulu. Menggunakan FD sebagai media instalasi memang mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan piringan bulat yang ngetren di tahun 2000an.

Selain lebih praktis, alasan lain yakni soal kecepatan kemampuan baca / tulis media tersebut.

Penyebab Tidak Bisa Booting Flashdisk

Dengan percaya diri, eksklusif saja kita restart dan menekan tombol F2 ketika muncul logo untuk masuk BIOS. Setelah itu, buka hidangan Boot untuk mengatur flashdisk Samsung anti air ini ke urutan pertama semoga booting ke Windows Setup.

 Makara ceritanya kemarin siang itu kita dimintai tolong oleh Bapak untuk instal ulang Windo Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Bios Laptop Samsung

Nah masalahnya disini, pilihan Boot Priority hanya menampilkan harddisk saja. Uji coba memindahkan flash drive ke port USB lain juga tidak membuahkan hasil.

Baca juga :

FD masih baru, port USB normal, dicoba di komputer lain (Asus, Lenovo, dan HP) lancar jaya. Lalu apa yang salah?.

Setelah kita cermati, ternyata ada satu setelan yang luput dari perhatian. Inilah yang menjadikan BIOS laptop Samsung tidak bisa booting flashdisk. Dan benar saja, sesudah kita ubah, problem eksklusif terpecahkan.

Solusi BIOS Tidak Mendeteksi Flashdisk

Nah, untuk mengatasi problem ini bekerjsama sangat sederhana. Langsung saja, pertama silahkan, hidupkan laptop (jika masih mati) atau reboot (jika kondisi laptop sudah menyala).

Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Saat logo muncul, tekan F2 semoga masuk ke setting BIOS
  • Dengan tombol anak panah untuk berpindah ke hidangan Advanced
  • Ganti nilai Fast BIOS Mode dari Enabled menjadi Disabled ibarat pada gambar berikut (klik untuk memperbesar) :

 Makara ceritanya kemarin siang itu kita dimintai tolong oleh Bapak untuk instal ulang Windo Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Bios Laptop Samsung

  • Simpan setelan dengan Save and Exit (di beberapa seri kadang Save and Reset)
  • Menggunakan cara yang sama, kini coba masuk ke BIOS lagi
  • Buka hidangan Boot kemudian pilih sub-menu Boot Priority

Taraaaaa.. balasannya masalah flashdisk tidak terdeteksi di BIOS selesai. Tinggal ubah saja dari HDD ke flash drive bootable tadi.

Itulah alasan kenapa boot flashdisk tidak terbaca di BIOS Samsung dan panduan memperbaikinya. Bagikan artikel ini ke teman-teman kalian di sosial media semoga bisa lebih bermanfaat. Terimakasih, semoga berkah!.

Sumber https://umahdroid.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel