Perbedaan Ubuntu Lts Dan Non Lts Yang Linuxer Wajib Ketahui

Ubuntu LTS dan Tanpa LTS - #ASK Gan mohon bantuannya, link download Ubuntu 19.10 LTS dimana ya?. Padahal versi tersebut bukan LTS. Pertanyaan ini terkadang masih temukan di beberapa grup Linux. Itulah mengapa hari ini kita gunakan untuk membahasa perbedaan keduanya.

Bagi mereka yang sudah malang-melingtang di dunia open source niscaya paham betul perihal perbedaan Ubuntu LTS dan tidak. Tapi untuk new comer yang mungkin gres migrasi ke GNU/Linux, istilah ini masih cukup membingungkan.

Semoga artikel ini sanggup memberi sedikit pencerahan, terutama bagi yang ingin berguru menggunakan Ubuntu.

Membaca Format Versi Ubuntu

Canonical sebagai pembuat Ubuntu merilis versi Desktop dan Server gres secara rutin setiap 6 bulan sekali pada bulan April dan Oktober. Format versi yang dipakai oleh Canonical yaitu Tahun.Bulan / YY.MM.

 Pertanyaan ini terkadang masih  temukan di beberapa  Perbedaan Ubuntu LTS dan Non LTS yang Linuxer Wajib Ketahui

Kita berikan pola pada Ubuntu 18.04 saja. 2 digit pertama yaitu tahun rilis yaitu 2018, sedangkan 2 digit berikutnya merupakan bulan rilis yang berarti bulan 04 yakni April.

Apabila ada sebuah website atau blog menerbitkan artikel jadwal rilis Ubuntu 20.04 maka sudah sanggup dipastikan kalau versi tersebut akan diluncurkan pada April 2020 mendatang. Gampang sekali bukan cara membacanya?.

Apa itu Ubuntu LTS?

LTS yaitu akronim dari Long Term Support atau sanggup diartikan sebagai dukungan jangka panjang dalam bahasa Indonesia. Versi ini dirilis setiap dua tahun sekali pada bulan April, jadi niscaya ekor 04 (pengecualian 6.06).

 Pertanyaan ini terkadang masih  temukan di beberapa  Perbedaan Ubuntu LTS dan Non LTS yang Linuxer Wajib Ketahui

Label LTS akan menerima dukungan selama 5 tahun, sedangkan Ubuntu biasa (kadang disebut normal / reguler) hanya di-support 9 bulan saja.

Baca juga :

Dukungan yang dimaksud disini yaitu pembaruan untuk potensi keamanan dan bug, ketersediaan kontrak dukungan komersial, dan dukungan Landscape, sebuah systems management tool yang dikembangkan Canonical.

Alasan utama seseorang untuk menggunakan rilis LTS yaitu update security dan kesalahan secara berkala. Itu yang menciptakan versi dengan label ini lebih kondusif dan stabil.

Versi yang Termasuk LTS

Berikut yaitu daftar dari Ubuntu LTS beserta code name-nya :
  • Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx
  • Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin
  • Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr
  • Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus
  • Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver
  • Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa

Jika kalian perhatikan list di atas, ada sesuatu yang unik disini. Yap, Ubuntu LTS selalu dirilis pada tahun dengan bilangan genap.

Jika Masa Support Habis

Ini pertanyaan yang tidak kalah sering ditanyakan oleh pengguna baru. Apakah sistem operasi dengan ciri khas warna orange ini tetap sanggup dipakai sehabis habis masa dukungannya?.

Tentu, kalian sanggup memakainya tanpa batasan waktu dengan konsekuensi sudah tidak menerima update lagi, kecuali mengikuti jadwal ESM.

 Pertanyaan ini terkadang masih  temukan di beberapa  Perbedaan Ubuntu LTS dan Non LTS yang Linuxer Wajib Ketahui

ESM yaitu akronim dari Extended Security Maintenance. Tapi perlu diketahui, extended support tidak gratis.

Nah itulah perbedaan Ubuntu LTS dan Ubuntu Non LTS yang sanggup kita tulis. Jika ada yang ditanyakan jangan sungkan untuk menuliskannya lewat kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel perihal Linux lainnya!.

Sumber https://umahdroid.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel